Netbook & Laptop Islami Spektakuler

logoforum

Monday, May 28, 2007

MENGENAL AL-MAKTABAH AL-SYAMILAH

Website gratiis 250 MB dengan CPanel & Fantastico

Pengen punya website hosting gratis dengan Cpanel dan Fantastico Script Auto Installer klik disini

MENGENAL

AL-MAKTABAH AL-SYAMILAH

PERPUSTAKAAN KITAB BAHASA ARAB DIGITAL

VERSI 2.06 Dengan 1800 kitab 29 Bidang Ilmu Keilmuan

VERSI 2.09 Dengan 2500 kitab 48 Bidang Ilmu Keilmuan

Kitab digital dalam bentuk software ini bernama Al-Maktabah Al-Syamilah, Al-Isdhar 2.06 (Pustaka Lengkap, Versi 2.06) dan terdiri atas 1800 (dua ribu lima ratus) kitab yang dikelompokkan dalam 29 bidang keilmuan, Versi 2.09 Dengan 2500 kitab 48 Bidang Ilmu Keilmuan, setiap waktu makin bertambah dan bertambah banyak, kitab berupa program komputer ini sangat praktis karena tidak membutuhkan ruang besar untuk menampung ribuan kitab yang masing-masing bisa jadi terdiri atas puluhan juz. Kitab dalam bentuk seperti ini juga tidak membutuhkan perawatan yang berarti.

Terdapat beberapa macam program yang ada pada kami Versi 2.06 kemudian tahap penyempurnaan di Versi 2.09 dan terakhir sampai hari ini (Mei 2007) Versi 2.11. Setiap Versi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1- Di Versi 2.06 ketika kita menuliskan kitab di tampilan kitab seluruhnya sebagian hurufnya saja maka akan tampil perkiraan komputer dari buku yang kita maksud, namun hal ini macet di Versi 2.09.

2- Kecepatan pencarian di Versi 2.09 telah meningkat tajam, namun di Versi 2.11 justru biasa saja.

3- Untuk isi kitab berikut jumlahnya tergantung kita, ada yang memasukkan 2000 kitab di Versi 2.06, di Versi 2.09 ada yang terisi 2500 kitab dengan kapasitas 6.6 GB ada juga yang terisi sampai 12 GB (setidaknya penulis mendengar hal itu), maka Versi 2.11 akan lebih banyak lagi bila kita menghendakinya, bahkan kita bisa memasukkan kitab berbahasa Indonesia dengan fasilitas import buku di program ini atau menghapus kitab yang kita anggap tidak kita pakai atau kurang bermanfaat bagi kita.

Maka panduan yang kami tulis ini adalah gabungan dari beberapa Versi yang ada dengan modifikasi yang kami anggap bermanfaat, kalaulah ada keterangan yang terlewatkan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, kesmpurnaan hanyalah milik Allah subhanahu wa ta'aala.

Melihat betapa besar manfaat software ini, "Pustaka Ridwana" tergerak untuk ikut menyebarkannya ke pesantren, lembaga pendidikan Islam di Indonesia dan seluruh individu muslim. Dalam buku petunjuk penggunaan Al-Maktabah Al-Syamilah ini kami sertakan secara gratis sebagai bonus buku ini, semoga setiap muslim yang belum bisa memakai Al-Maktabah Al-Syamilah ini bisa mendapat banyak manfaat dan bisa memanfaatkannya dengan maksimal dengan adanya buku panduan ini.

Diharapkan dengan adanya buku panduan ini bisa mendorong para penuntut ilmu, ustadz, ulama dan kiai agar lebih berbobot dalam mendidik santri, dan bisa mempertanggung jawabkan ilmunya di hadapan Yang Maha Kuasa.

Al-Maktabah Al-Syamilah

· Tujuan dari perpustakaan lengkap ini bukan hanya mengumpulkan buku-buku gratis dari situs-situs internet dalam satu buah perpustakaan digital, namun yang lebih penting adalah dimungkinkannya penambahan dan pengaturan agar menjadi perpustakaan pribadi bagi para penuntut ilmu.

· Perpustakaan ini gratis alias cuma-cuma dan bisa di download langsung secara gratis dari situs resminya : http://www.shamela.ws

· Tidak boleh memanfaatkannya untuk menyebarkan manhaj yang menyelisihi manhaj ahlus sunnah wal jama'ah.

Contoh Versi 2.09 dengan 2500 kitab 48 bidang ilmu

Tujuannya :

Mencari kitab yang ada di Al-Maktabah Al-Syamilah ini dan memanfaatkan fungsi dari setiap kitab yang ada fasilitasnya dengan klik kanan, seperti : membuka kitab, mengatur kitab, pencarian dll..

Caranya :

· Dari menu file klik pilihan kitab [ikhtiyar kitab]

· Klik di asal tampilan utama (hal ini bisa diganti dari jendela option bila anda ingin menggantinya).

Keterangan tombol :

Ada dua cara mencari kitab :

  1. Sesuai bidang kelompok [Majmu'at]
  2. Sesuai abjad arab [Abjadiyan]